Contoh Laporan Akhir Sistem Informasi Use Case Diagram Perpustakaan

    Use Case Diagram Perpustakaan

          Pada pertemuan pertama praktikum Lab TI saya mempelajari tentang use-case diagram. Dalam hal ini saya memakai aplikasi StarUML untuk membuat use-case diagram tersebut. Sebelum kita membahas lebih jauh tentang program ini, kita harus mengetahui lebih dulu tentang Use-case diagram. Use-case diagram adalah gambaran graphical dari beberapa atau semua actor, use-case, dan interaksi diantara komponen-komponen tersebut yang memperkenalkan suatu sistem yang akan dibangun. Use-case diagram menjelaskan manfaat suatu sistem jika dilihat menurut pandangan orang yang berada di luar sistem. Diagram ini menunjukkan fungsionalitas suatu sistem atau kelas dan bagaimana sistem tersebut berinteraksi dengan dunia luar.

Program yang akan saya jelaskan pada laporan akhir pertemuan pertama praktikum Lab TI adalah program tentang use-case diagram pada peminjaman buku di perpustakaan. Berikut merupakan listing yang digunakan dalam membuat program ini :

  1. Tahap pertama kita membuka aplikasi starUML
  2. Setelah itu pilih Default Approach pada New Project by Approach lalu klik OK seperti gambar dibawah ini :

    1

  3. Setelah itu kita ekspand <<UseCaseModel>>Use Case Model lalu pilih main pada Model eksplorer yang berada pada pojok kanan atas. Setelah perintah tersebut dilaksanakan maka akan terbuka main baru pada layar. Seperti gambar dibawah ini :

    2

    3

  1. Pilih system pada Toolbox untuk membuat batasan relasi, lalu masukkan aktor-aktor yang mempengaruhi jalannya kegiatan. contoh Aktor pada peminjaman buku di perpustakaan ialah :
  • Peminjam buku, dan
  • Staf perpustkaan.
  1. Lalu input use-case yang mempengaruhi terjadinya proses tersebut. contoh usecase pada peminjaman buku di perpustakaan ialah :
  • Memilih Buku
  • Meminjam Buku
  • Menyerahkan KTM atau NIP
  • Pendataan Peminjam
  • Menginput nomor KTM atau NIP
  • Registrasi Peminjam baru
  • Menentukan batas waktu peminjaman
  • Mengembalikan buku
  • Pendataan pengembalian buku
  • Penginputan nomor KTM atau NIP
  • Denda
  1. Lalu hubungkan actor dengan use-case yang saling berhubungan pada use-case diagram tersebut menggunakan simbol-simbol arah yang berada pada toolbox. Contoh simbol yang digunakan pada peminjaman buku di perpustakaan ialah:
  • DirectedAssociation
  • Association
  • Include
  • Extend

 

LOGIKA PEMROGRAMAN :

4

Hal pertama yang kita lakukan pada proses peminjaman buku di perpustakaan adalah memilih buku yang ingin dipinjam lalu meminjam buku dengan cara melakukan konfirmasi pada staff perpustakaan. Setelah itu hal kita menyerahkan KTM atau NIP pada staff perpustakaan lalu staff perpustakaan tersebut akan melakukan pendataan dengan cara menginput nomor KTM atau NIP dan jika peminjam buku tersebut bukan merupakan anggota perpustakaan maka staff perpustakaan akan melakukan registrasi atau pembuatan akun baru untuk peminjam buku tersebut. Lalu setelah melakukan pendataan tersebut maka petugas atau staff perpustakaan akan memberikan konfirmasi tentang penentuan batas waktu kepada peminjam buku. Dan ketika peminjam buku mengembalikan buku maka staff perpustakaan akan melakukan pendataan pengembalian buku dengan cara menginput nomor KTM atau NIP dan jika terjadi keterlambatan dalam pengembalian buku maka akan dilakukan denda terhadap peminjam buku tersebut.5

Berikut merupakan pengertian atau fungsi dari simbol yang ada pada toolbox use-case diagram :

  • Annotation             : Merupakan penjelasan bahwa kita sedang

menggunakan UseCase

  • Select             : Perintah ini digunakan untuk mendefault perintah

dan tidak terikat pada perintah apapun.

  • UseCase             : Perintah ini digunakan untuk menambahkan Tabel

Usecase pada main yang tersedia

  • Aktor                                     : Merupakan segala hal diluar sistem yang akan

menggunakan sistem tersebut untuk melakukan

sesuatu. Bisa merupakan manusia, sistem, atau

device yang memiliki peranan dalam keberhasilan

operasi dari sistem.

  • Association : Mengidentifikasikaninteraksi antara setiap actor

tertentu dengan setiap usecase secara dua arah

  • DirectedAssociation : Mengidentifikasi interaksi antara setiap actor tertentu

dengan setiap usecase secara langsung atau

komunikasi satu arah.

  • Generalization : Mendefinisikan relasi antara dua actor atau dua use

case yang mana salah satunya meng-inherit dan

menambahkan atau override sifat dari yang lainnya

  • Dependensi <<include>> : Mengidentifikasi hubungan antar dua use case

dimana yang satu memanggil yang lainnya.

  • Dependensi <<extend>> : Mengidentifikasi hubungan jika pemanggilan

memerlukan adanya kondisi tertentu maka berlaku

dependensi <<extend>>.

  • System Boundary : Menyatakan batasan sistem dalam relasi dengan

actor-actor yang menggunakannya (di luar sistem)

dan fitur-fitur yang harus disediakan (dalam sistem)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s